Labels

Wednesday, February 17, 2016

Seiyuu?

Apa itu Seiyuu?


Menurut Wikipedia:
Seiyū (声優 aktor suara?) (seiyu atau seiyuu) adalah sebutan untuk pengisi suara di Jepang. Pekerjaannya mengisi suara untuk anime, permainan video, sandiwara radio, narasi, dan melakukan sulih suara film seri, film cerita, acara televisi impor. 
Istilah CV yang ditulis di depan nama seiyū adalah singkatan untuk Character Voice (suara karakter). Seiyū sering menyanyikan sendiri lagu dari anime yang dibintanginya. Sebagian di antaranya merilis album sebagai penyanyi J-pop, menjadi penyiar radio, atau aktor drama di panggung. Seiyū wanita yang juga menjadi penyanyi, model bikini, atau penyiar radio disebut idol seiyū.
Yups, seiyuu kalau di Indonesia bisa disebut juga dubber. Tapi di Jepang seorang seiyuu itu hampir setara dengan jadi seorang aktris/aktor, karena selain menjadi pengisi suara seorang karakter, seorang seiyuu juga harus bisa multitalent, minimal bisa bernyanyi. Seperti yang disebut Wikipedia diatas, seiyuu di Jepang itu merilis album sendiri.

Seorang seiyuu harus bisa memerankan berbagai macam karakter dari berbagai umur, seperti laki-laki atau perempuan, anak-anak, bayi, orang lanjut usia, bahkan suara binatang atau mesin. Biasanya suara karakter pria yang masih muda akan diisi oleh seiyuu wanita. Tokoh pria yang diperankan oleh seiyuu wanita  misalnya Allen Walker dari D.Gray-man dan Ciel Phantomhive dari Kuroshitsuji/Black Butler.

Jika dibandingkan, seiyuu pria yang mengisi peran wanita lebih sedikit dari kebalikannya, tapi bukannya tidak ada. Contohnya saja serial drama CD Men's Only, yaitu drama CD yang semua tokohnya diisi suara laki-laki. Contohnya Juliet diperankan oleh  seiyuu pria Kamiya Hiroshi, ada juga satu drama cd, yang seluruh tokohnya diperankan oleh satu orang.

Jadi mereka benar-benar harus bisa menjiwai karakternya meski yang muncul memang cuma suara, tapi dari suara itu lah yang mebuat ekspresi dari suatu tokoh jadi terlihat menarik. Untuk lebih memahami teknik dalam pengisian suara, di Jepang juga sudah banyak sekolah yang mengajari tentang bagaimana menjadi seiyuu. Setelah lulus dari sekolah itu, maka calon seiyuu bisa mendaftarkan diri ke sebuah agen seiyuu. Tentunya akan ada ujian masuk yang sangat kompetitif.

Karena itulah selain anime yang saya sukai, tapi juga saya mengagumi para pengisi suara karakter-karakter animenya, karena mereka patut diacungi jempol, bisa menyatu dengan karakter tersebut sehingga pesan dari cerita bisa tersampaikan pada para penontonnya. *prok prok*

No comments:

Post a Comment